Panduan Membuat Blog Dengan WordPress


Kali ini, Rama Rivansyah akan membahas mengenai Panduan Membuat Blog Dengan Wordpress.

Blog merupakan situs yang dapat diakses secara online (dalam jaringan) yang berisi tulisan - tulisan maupun gambar pada suatu halaman web. Blog pada umumnya dikelola oleh satu orang penulis, namun seiring perkembangan, ada juga blog yang dikelola oleh beberapa orang penulis. Blog dibuat sesuai dengan topik pembahasan yang dipilih sendiri oleh pemilik blog.

Blog dapat digunakan sebagai media untuk mempublikasikan atau menyalurkan ide, catatan harian penulis, pandangan - pandangan tentang berbagai macam hal yang terjadi, maupun untuk berbagi informasi yang bermanfaat bagi orang lain. Namun seiring perkembangan, blog juga dapat digunakan sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan seperti Google AdSense.

Pada artikel lainnya, sudah saya jelaskan mengenai Panduan Membuat Blog Dengan Blogger, namun kali ini saya akan menjelaskan mengenai Panduan Membuat Blog Dengan WordPress.

Perlu diketahui sebelumnya, WordPress terbagi menjadi dua bentuk yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Pada WordPress.com, fitur yang dapat digunakan sangat terbatas karena dalam bentuk ini anda dapat menggunakannya secara gratis, sehingga dapat dikatakan bahwa dalam WordPress.com ini menggunakan sistem Hosted. Sedangkan pada WordPress.org, fitur yang dapat digunakan sangat banyak dan anda mempunyai akses kontrol penuh terhadap situs anda, sehingga dapat dikatakan bahwa dalam WordPress.com ini menggunakan sistem Non - Hosted.

Pada artikel kali ini, saya akan memfokuskan pada bentuk WordPress.com karena lebih mudah dipahami untuk pemula. Sudah penasaran bagaimana cara membuatnya? Silahkan ikuti tahapan - tahapan untuk membuat blog berikut ini :

  1. Pertama, kunjungi Website Resmi WordPress.
  2. Kemudian, klik tombol Get Started, setelah itu anda harus memilih tata letak situs anda, saya sarankan untuk memilih Start with a blog untuk pemula.
  3. Setelah itu, silahkan anda memilih tema yang anda inginkan untuk diterapkan pada situs anda.
  4. Kemudian, silahkan anda tetapkan nama blog dan juga alamat blog anda.
  5. Setelah itu, anda ditawarkan untuk memilih paket rencana untuk situs anda, saya sarankan untuk memilih Start with free untuk pemula.
  6. Kemudian, silahkan buat akun WordPress anda, pada bagian Your email address silahkan anda isi dengan email anda, pada bagian Choose a username silahkan anda isi dengan nama yang mudah untuk anda ingat, dan pada bagian Choose a password silahkan anda isi dengan kata sandi yang ingin anda tetapkan pada akun WordPress anda. Setelah itu klik Continue.
  7. Selamat, anda telah berhasil membuat blog!

Menurut pendapat saya, blog merupakan rumah kecil di dunia internet. Dengan adanya blog, saya bisa membagi hal - hal yang bermanfaat untuk pembaca. Maka, tulislah hal - hal yang bermanfaat untuk pembaca.

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi anda, agar anda dapat membuat blog sendiri dengan mudah dan cepat. Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat blog, silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan.

Sekian artikel saya pada kali ini, nantikan artikel - artikel saya yang lainnya.

Terima Kasih!

Referensi :

Pages

Designed By Rama Rivansyah